Wednesday, November 03, 2010

Nutrisi Alami Penurun Kolesterol

Sumber: "http://www.detikhealth.com/read/2010/09/15/164537/1441187/766/nutrisi-alami-penurun-kolesterol"

Merry Wahyuningsih - detikHealth

Jakarta, Kolesterol tinggi sepertinya sudah menjadi ketakutan tersendiri sehingga banyak orang mencoba menurunkannya dengan obat penurun kolesterol. Tapi sebenarnya ada nutrisi alami dari makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kolesterol merupakan senyawa lemak yang ada dalam darah dan secara normal diproduksi dalam tubuh serta mempunyai banyak fungsi penting.

Tubuh sebenarnya membutuhkan kolesterol untuk bertahan hidup. Namun, bila jumlahnya berlebihan, akan terjadi peningkatan risiko jantung dan stroke, karena terjadi penumpukan di pembuluh darah.

Dilansir dari Livestrong, Rabu (15/9/2010), berikut beberapa makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alami:

  1. Lemak ikan
    Menurut American Heart Association, setidaknya makan 2 porsi lemak ikan per minggu dapat membantu menurunkan kolesterol. Lemak ikan seperti salmon, halibut, tuna dan mackerel yang tinggi asam lemak omega-3, telah terbukti mengurangi tingkat kolesterol dan trigliserida dalam darah.

    Selain itu, ikan merupakan sumber protein yang baik dan dapat digunakan sebagai pengganti sumber protein tinggi kolesterol, seperti daging merah.

  2. Minyak zaitun (olive oil)
    Sama halnya dengan ikan, minyak zaitun juga merupakan komponen penting dari makanan yang disebut 'Mediterranean diet'. Nama tersebut diambil dari daerah yang mana penyakit jantung jarang terjadi.

    Minyak zaitun mengandung campuran antioksidan dan lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Minyak zaitun dapat digunakan sebagai pengganti minyak salad yang kaya kolesterol dan dapat juga menggantikan mentega untuk tumis sayuran.

    US Food and Drug Administration merekomendasikan sedikitnya 23 gram minyak zaitun per hari atau sekitar 2 sendok makan, untuk mendapatkan manfaat kesehatan jantung.

  3. Gandum utuh dan biji-bijian yang kaya serat
    Serat sangat membantu dalam memerangi kolesterol, karena bertindak sebagai pembersih racun dalam aliran darah. Mayo Clinic menyarankan setidaknya 50-10 gram serat larut per hari untuk membantu mengurangi kolesterol.

    Satu porsi oatmeal atau gandum utuh biasanya mengandung setidaknya 2 hingga 6 gram serat larut dari total serat.

    Selain itu, dengan menambahkan buah berserat seperti pisang atau stroberi dapat menambahkan lagi setengah gram serat larut.

  4. Kenari, almond, kacang tanah dan kacang-kacangan lain
    Kebanyakan kacang-kacangan, seperti kenari, almond dan kacang tanah memiliki kandungna tinggi dalam serat,dan dapat mengurangi kadar kolesterol sampai 5 persen hanya dengan 1 porsi.

    Tapi karena tingginya jumlah kalori dalam kacang, FDA merekomendasikan membatasi asupan kacang hanya sekitar segenggam per hari.

    Di samping memiliki kemampuan untuk melawan kolesterol, kacang juga memiliki nutrisi yang dapat melindungi jantung.

(mer/ir)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post a Comment

Propolis vs Kanker Payudara

Propolis vs Kanker Darah

Gudang Propolis