Wednesday, November 03, 2010

Ini Dia Lemak untuk Meningkatkan Kolesterol Baik

Sumber: "http://www.detikhealth.com/read/2010/11/03/121503/1483935/766/ini-dia-lemak-untuk-meningkatkan-kolesterol-baik"

Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta, Selama ini lemak dikenal sebagai nutrisi yang harus dihindari karena bisa memicu berbagai penyakit. Tapi ada lemak yang justru bisa meningkatkan kolesterol baik di tubuh, yaitu lemak tak jenuh.

Lemak baik yang bisa meningkatkan kolesterol adalah:
1. Minyak nabati
2. Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang kedelai
3. Alpukat

Lemak tak jenuh yang ditemukan dalam 3 kelompok ini bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (High Density Lipoproteins/HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (Low Density Lipoproteins/LDL).

Lemak tak jenuh ini bisa ditambahkan ke dalam pola makan secara keseluruhan.

Studi terbaru yang dilaporkan Canadian Medical Association Journal, para peneliti menguji efek penambahan lemak tak jenuh ke dalam diet serat tinggi yang sebelumnya sudah diketahui dapat mengurangi kolesterol LDL pada orang dewasa.

Hasilnya partisipan yang mengurangi asupan lemak jenuh dan menambahkan sayuran di dalam pola makannya mengalami penurunan kadar kolesterol LDL sebesar 35 persen. Hal ini sebanding dengan manfaat yang didapatkan jika seseorang mengonsumsi obat penurun kolesterol.

Namun jika partisipan menambahkan lemak tak jenuh dalam pola makannya, menunjukkan peningkatan rata-rata kolesterol HDL sebesar 12 persen.

"Kombinasi dari mengonsumsi sayuran dan lemak tak jenuh tunggal akan membantu seseorang melakukan sesuatu yang diinginkannya ketika berhubungan dengan kadar kolesterol," ujar Dr David Jenkins dari University of Toronto and St. Michael's Hospital di Ontario, Canada, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (3/11/2010).

Dr Jenkins menyarankan orang-orang untuk mengganti beberapa jenis karbohidrat yang dikonsumsinya seperti:
Roti putih dan makanan ringan olahan diganti dengan lemak tak jenuh tunggal dari kacang-kacangan, alpukat dan juga minyak zaitun.

Namun lemak bukanlah cara ajaib untuk menurunkan kolesterol, tapi mengubah kebiasaan makan secara keseluruhanlah yang menjadi kuncinya. Karenanya disarankan untuk mengurangi asupan daging merah dan susu, tapi meningkatkan asupan ikan, sayuran, makanan berbasis kedelai, almond dan minyak zaitun.

(ver/ir)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Propolis vs Kanker Payudara

Propolis vs Kanker Darah

Gudang Propolis