Wednesday, April 22, 2009

Kanker Payudara Pada Lelaki

Sumber: http://www.conectique.com/tips_solution/health/disease/article.php?article_id=4927

Kanker payudara tidak hanya menyerang perempuan, Anda pasti sudah mengetahuinya. Sayangnya, lelaki kurang mengenali gejala klinis penyakit ini, sehingga kanker yang diidap telanjur menyebar atau memasuki stadium lanjut.

Gejala klinis kanker payudara pada lelaki menyerupai gejala yang dialami perempuan dan berasal dari kelenjar susu. Bedanya, lelaki jarang terkena penyakit ini sebelum berumur 50 tahun. Umumnya hal ini banyak dialami lelaki pada usia lanjut. Oleh karena itu, setelah berusia 50 tahun, lelaki disarankan mewaspadai benjolan padat dan keras di belakang puting susunya.

Gejala

Benjolan, Gejala ini sama seperti kanker payudara yang dialami perempua, mulanya cuma benjolan. Tetapi karena jaringan payudara lelaki lebih sedikit dibandingkan perempuan, kemunculan benjolan di payudara yang masih sangat kecil pun mestinya sudah teraba. Umumnya benjolah hanya dialami di satu payudara, dan bila diraba terasa keras, menggerenjil.

Perubahan pada puting, Bila stadium kanker sudah lanjut, ada perubahan pada puting dan daerah hitam di sekitar puting. Kulit putingnya bertambah merah, mengerut, tertarik ke dalam, atau bisa jadi puting mengeluarkan cairan.

Pemicu dan Penyebab


Genetis, Seorang lelaki berisiko mengidap penyakit ini jika ada kerabatnya, baik lelaki atau perempuan, yang pernah terkena kanker payudara. Ayah dengan mutasi gen kanker payudara juga bisa mewariskan kanker tersebut kepada anak perempuannya.

Gaya hidup buruk, Kebiasaan merokok dan minum alkohol juga meningkatkan risiko kanker.

Penyakit hati, Metabolisme hati (perlemakan hati) menyebabkan metabolisme hormonal terganggu dan memicu pembesaran kelenjar susu di payudara yang ganas. Pembesaran kelenjar susu pada pria bisa disebabkan komplikasi penyakit lever, ada kelainan hormon atau kromosom.

Kelebihan hormon seks, perempuanPria yang mengidap kelebihan estrogen untuk waktu lama bukan mustahil mendadak bisa punya payudara. Semakin tinggi kadar estrogen dalam darah, semakin besar ukuran payudaranya. Contohnya terapi estrogen pada lelaki yang operasi ganti kelamin, misalnya.

Pendeteksian

Melakukan SADARI, Anjuran untuk mendeteksi dini kanker payudara dengan melakukan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) tidak hanya berlaku untuk perempuan tapi juga untuk laki-laki. Laki-laki harus merasa lebih beruntung karena mereka akan lebih mudah mendeteksi benjolan di sekitar payudara.

Mamografi (rontgen khusus untuk payudara), Pada mammografi digunakan sinar x dosis rendah untuk menemukan daerah yang abnormal pada payudara.

Ultrasonografi / USG (memotret alat tubuh bagian dalam), USG digunakan untuk membedakan kista (kantung berisi cairan) dengan benjolan padat.

Pengobatan

Biasanya pengobatan dimulai setelah dilakukan pemeriksaan secaramenyeluruh terhadap kondisi penderita yaitu sekitar 1 minggu setelah biopsi. Pengobatannya terdiri dari pembedahan, terapi penyinaran yang digunakan untuk membunuh sel-sel kanker di tempat pengangkatan tumor dan daerah sekitarnya termasuk kelenjar getah bening.

Kemoterapi (kombinasi obat-obatan untuk membunuh sel-sel yang berkembang biak dengan cepat atau menekan perkembangbiakannya) dan obat-obat penghambat hormon (obat yang mempengaruhi kerja hormon yang menyokong pertumbuhan sel kanker) digunakan untuk menekan pertumbuhan sel kanker di seluruh tubuh.

Hasil pengobatan tergantung pada stadium atau tingkatan kanker pada waktu pengobatan dilakukan.

Propolis vs Kanker Payudara

Propolis vs Kanker Darah

Gudang Propolis