Tuesday, August 25, 2009

Tanya Jawab Propolis

Tanya: Apa itu Propolis?
Jawab: Zat resin yang dikumpulkan oleh lebah dari tumbuh-tumbuhan atau pucuk muda dan kulit pohon terutama pohon polar serta dicampur dengan air liurnya yang digunakan untuk menambal lubang dalam sarang lebah, untuk melindungi lebah dari serangan bakteri, jamur & virus.

Tanya: Bagaimana cara propolis diambil?
Jawab: Lebah dipelihara didalam kotak (sarang) lalu dikikis, lalu menggunakan alat khas atau kertas khusus dan dipanaskan sehingga 60 – 70 derajat celcius untuk mencairkan, lalu disaring lilin lebah dan kotoran lain sebelum menjadi “Water Base”.

Tanya: Apakah semua lebah menghasilkan propolis dengan khasiat yang sama?
Jawab: Berdasarkan temuan dan penelitian para pakar menyatakan, sampai saat ini lebah dari Brazil yang memiliki sumber flavonoid paling kaya di dunia. Melia Propolis menggunakan lebah dari brazil.

Tanya: Apa itu Flavonoid?
Jawab: Flavonoid/Bioflavonoid adalah antibiotik alami yang dapat menghancurkan bakteri, jamur & membersihkan virus dari dalam tubuh. Bioflavonoid dapat juga ditemukan di buah-buah salah satunya buah jeruk. Satu tetes propolis mengandung bioflavonoid yang setara dengan 500 buah jeruk.

Tanya: Mengapa Melia Propolis dapat mengobati berbagai macam penyakit?
Jawab: Propolis mengandung zat yang dapat menetralkan racun yang tertimbun didalam tubuh dan juga mengadung zat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh (bioflavonoid). Tahap berikutnya adalah perbaikan sel pada jaringan atau organ yang rusak karena dapat memperkuat dan mempercepat regenerasi sel.

Tanya: Apakah Melia Propolis mempunyai efek samping?
Jawab: Melia Propolis tidak mempunyai efek samping karena 100% zat alami yang didalamnya terdapat antibiotic alami bebas racun.

Berbeda dengan antibiotic syntetic (buatan) yang struktur kimianya dibuat mirip dengan zat alami aslinya dan dapat di produksi masal sehingga harganya lebih murah. Mempunyai efek samping dan pengaruh negatif yang bersifat sementara/permanent dan biasanya tidak berhubungan dengan penyakit yang diderita.

Tanya: Berapa dosis propolis yang harus kita minum?
Jawab: Penggunaan propolis adalah fleksible tergantung dengan kemampuan tubuh, jenis penyakit & umur. Jadi tidak ada batasan, namun penggunaan propolis yang optimal adalah tidak lebih dan tidak kurang sekitar jumlah tetes yang telah ditentukan.

Tanya: Kalau dosis berlebih, apakah akan over dosis?
Jawab: Tidak ada over dosis, karena jika jumlah tetes (dosis) berlebihan dan tubuh terbatas dalam penyerapannya, maka propolis sebagian akan terbuang. Hal ini tidak akan efektif dan tidak ekonomis.

Tanya: Apakah Melia Propolis mempunyai waktu kadaluarsa?
Jawab: Propolis merupakan anti bakteri, anti jamur, anti virus & anti kuman maka dalam penyimpanan yang normal akan tetap bebas dari kontaminasi jamur, bakteri, kuman & virus sehingga menjadikan propolis awet hingga bertahun-tahun lamanya.

Tanya: Bagaimana cara konsumsi/penggunaan propolis?
Jawab: Dapat diminum, sebelumnya dilarutkan dengan sedikit air. Dapat diteteskan ke sumber sakit, seperti luka di kulit, telinga, mata & hidung. Ini semua sudah saya coba sendiri dan hasilnya membaik.
Untuk penggunaan tetes di mata, akan terasa perih hanya sesaat, atau propolis dapat dilarutkan di dalam air matang, lalu di basuh langsung ke mata.

Tanya: Apakah Propolis boleh di konsumsi dengan obat dokter?
Jawab: Boleh, karena tidak ada kontradiksi dengan obat lain. Propolis dapat menjaga fungsi ginjal dari obat yang mengandung zat kimia.

Tanya: Apakah reaksi tindak balas atau reaksi balik itu?
Jawab: Reaksi yang terjadi karena tumbuh berusaha untuk membuang racun/toksin dalam tubuh dan reaksi ini hanya bersifat sementara. Dan ada beberapa orang yang tidak mengalami reaksi tindak balas.

Tanya: Kenapa setelah minum propolis, jantung saya berdebar?
Jawab: Orang yang mempunyai sakit jantung mempunyai pembuluh darah yang tersumbat, propolis bekerja menormalkan dan melancarkan peredaran darah ke jantung dengan cara membersihkan sumbatan tersebut. Orang akan merasakan jantung berdebar dan tidak semua orang mengalami hal ini, tergantng kondisi dari jantung orang tersebut.

Tanya: Kalau reaksi tindak balasnya sangat mengganggu, apa yang harus saya lakukan?
Jawab: Turunkan dosis atau hentikan sesaat. Lanjutkan minum propolis setelah reaksi mereda dengan dosis yang dikurangi, lalu secara bertahap dosis tersebut ditingkatkan.

Tanya: Kenapa reaksi penyembuhan propolis untuk setiap orang berbeda-beda?
Jawab: Tempo waktu penyembuhan setiap orang tidak sama. Karena daya serap tubuh manusia berbeda-beda, ada yang cepat & ada yang lambat. Dan juga tergantung seberapa parah penyakit yang diderita.

99 comments:

  1. artikel yang sangat bagus, menambah pengetahuan seputar propolis



    www.jalanusehat.fordiyanto.web.id

    ReplyDelete
  2. Bagaimana cara penyembuhan sakit hernia (turun berok) dengan propolis?

    ReplyDelete
  3. saya laki-laki berumur 27 tahun. saya seorang karyawan swasta. saya sering mengalami ketegangan otot leher. dan baru baru ini saya baru menyadari bahwa di leher bawah sebelah kanan saya terdapat benjolan dan sekarang sdh mulai ada pembengkakan di leher. yang saya ingin tanyakan gejala apakah ini? dan apa yang harus saya lakukan. atas jawabnya saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
  4. saya menggunakan propolis selama sebulan dari minggu pertama 7 tetes 3x sehari, minggu 2 saya tingkatkan 10 tetes 3x sehari, minggu ketiga 20 tetes 3xsehari sampai saat ini, minggu pertama bdn merasa fit, riak yg selama ini susah di keluarkan mudah di keluarkan. minggu kedua badan saya merasa pegal dan linu mulai dari kaki hingga tangan seminggu kemudian rasa pegal dan linu hilang sendirinya. masuk minggu ke 4 saya mengalami yg membuat diri saya cemas BAB saya mengeluarkan darah. yg ingin saya tanyakan apakah ini reaksi atau efek samping dari propolis? dan apa yg saya harus lakukan apa perlu kedokter , memberhentikan propolis atau meneruskannya. jika ini reaksi propolis apakah saya harus menurunkan dosisnya atau sebaliknya? jika ini reaksi propolis penyakit apa yg saya alami. mohon bantuannya. terimakaih

    ReplyDelete
  5. To ans,

    Gejala: Susah buang air besar, mencret, berak berlendir, berak berdarah

    Indikasi: Radang pada usus besar, gangguan pada usus, hemoroid

    Dosis dirubah 6 tetes sehari 6 kali

    ReplyDelete
  6. Bapak saya konsumsi propolis dan melia biyang sebanyak 9 paket selama 4 bulan, bapak saya berumur 70 thn penyakit beliau strok, jantung, dan ada masalah pada ginjal dan tekanan darah tinggi sampai skrg blm tau tanda2 kesembuhannya dan reaksi propolisnya. Pernah yg dialami bpk tekanan darah drop 80/50 sehingga lemas dan hampir pingsan dlm semalam tekanan pulih kembali, dan sekarang yg dialami bpk pembengkakkan pada kaki yg saya tanyakan apakah itu reaksi? dan kpn dosis propolis di normalkan skrg dosis yg diminum 25 tetes 7x sehari.

    ReplyDelete
  7. Pak Alvin
    Apakah propolis bisa mengatasi obesitas?
    Seberapa Jauh dampaknya dgn penurunan berat badan? karena istri saya sudah mencoba bebrapa cara dan pengobatan tapi tidak berdampak signifikan

    ReplyDelete
  8. to ans,

    contact saya untuk penjelasan lebih detil...

    ReplyDelete
  9. To pak tri,

    Untuk obesitas presesnya bertahap, pertama meperbaiki fungsi pertama memperlancar peredaran darah terlebih dahulu, selanjutnya membuang semua toksin atau racun yang terdapat didalam tubuh...termasuk kolesterol dan selanjutnya memperbaiki sistem pencernaan....setelah itu berat badan akan turun secara bertahap tergantung kecepatan daya serap tubuh istri pak triyono.....

    ReplyDelete
  10. Pak Alvin, Saya telah menderita penyakit sinusitis sejak 8 tahun yang lalu (hidung saya mampet sebelah jikalau kedinginan), karena bosan berobat ke dokter tidak sembuh-sembuh akhirnya saya biarkan saja tanpa diobati.
    Apakah saya bisa sembuh dengan menggunakan propolis ini? karena sudah banyak pengobatan tradisional yang saya coba tetapi hasilnya nihil.
    Terima Kasih, dimohon masukannya.

    ReplyDelete
  11. pak alvin.mo nanya klo untuk sakit jantung usia 57th,aturan pakainya gmn?perlu pake biyangnya tidak?trims

    ReplyDelete
  12. To indra,

    Untuk kasus sinusitis, sudah dibuktikan oleh customer saya langsung dan berangsur-angsur membaik.

    Akan keluar lendir dari hidung dan mulut, jangan khawatir krn ini reaksi penyembuhan. Tetap lanjutkan konsumi propolis.

    ReplyDelete
  13. To Retno,

    Untuk jantung dapat konsumsi propolis dengan dosis disesuaikan dengan umur.

    Dosis awal 2 tetes dengan durasi 5x sehari. monitor kondisi, lalu tingkatkan secara betahap dari 2 tetes menjadi 4 tetes, 6 tetes sampai 10 tetes dengan durasi tetap 5x sehari.

    ReplyDelete
  14. Pak Alvin, bagaimana untuk bayi usia 11 bulan penderita DB, boleh nga diberikan? dan berapa tetes? Tx.

    ReplyDelete
  15. To Anonymous,

    Dapat diberikan ke bayi, 1 tetes sehari 3x...monitor kondisi setiap jam.

    ReplyDelete
  16. To Pak ALVIN

    Sy sdh mengkomsumsi 10 botol propolis melia, dengan dosis 3 kali sehari @10 tetes, alhamdulillah badan sy menjadi lebih sehat, alergi sy berkurang. Tujuan utama sy minum propolis adalah supaya bila sy menstruasi tidak mengalami kesakitan luar biasa, sakit yg sy alami bisa 3-4 hari, sampai sy hrs minum obat penahan rasa sakit. Sy memang ada kista endometriosis dan miom, 3th yg lalu sy sdh operasi tp miom sy tdk bisa diangkat krn posisinya akan membahayakan rahim sy mengingat sy blom hamil. Sy sdh menikah 11 th dan sampai saat ini blom bisa hamil.

    Apakah dosis propolis yg sy lakukan sudah tepat sehubungan dgn penyakit sy... Terima kasih...

    ReplyDelete
  17. To bu endah,

    Jika dosis yang ibu minum sudah mengalami lebih baik, tidak perlu dirubah. karena tidak ada dosis baku untuk propolis krn propolis bukan obat. Propolis bekerja berdasarkan daya serap tubuh dan setiap orang daya serap tubuhnya berbeda-beda.

    Atau silahkan ibu minum dosis dari saya, 6 tetes sehari 5 kali. langsung ditetes ke mulut. Monitor selama 3 hari. Walaupun total dosis dalam 1 hari sama, 30 tetes, tapi reaksinya akan berbeda.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  18. To Pak Alivin
    Dr: Merin, 34 th.
    Sehari yg lalu saya di diagnosa dokter ada polip di rahim. Saya mau konsumsi propolis. Bisa minta saran dosisnya pak...?
    1. Di tetes langsung ke mulut atau dicampur air minum pemakainnya?
    2. Berapa lama setelah konsumsi bisa di cek perkembangannya pak?

    Trimakasih


    merin

    ReplyDelete
  19. To Bu Merlin,

    Minum propolis pertamakali dengan dosis 3 tetes sehari 6x, jika mengalami pusing, mual, sering buang air kecil, tetap lanjutkan karena itu proses penyembuhan. Lalu naikan dosis secara bertahap setiap hari, hingga menjadi 7 tetes sehari 6x.

    Lebih baik ditetes langsung kemulut.

    Perkembangan dapat dirasakan beberapa hari kemudian, seperti nyeri yang tidak terasa lagi. tetap lanjutkan konsumsi propolis sampai diagnosa dokter menyatakan sembuh.

    ReplyDelete
  20. pak alvin, ayah saya kena katarak, sesuai petunjuk yg pernah bpk kasih ditetes masing2 mata 1x sehari pada pagi, tp sudah sekitar 1blnan pake propolis blm ada kemajuan yg besar, hanya kotoran msh keluar dr mata. Bisa minta saran apakah dosisnya perlu ditambah atau tidak, terimakasih.

    ReplyDelete
  21. To Anonymous,

    Dosis sudah tepat, ganti waktu pemberian propolis, lakukan pada malam hari saat sebelum tidur. Monitor reaksinya.

    ReplyDelete
  22. Pak Alvin apa kanker otak bisa disembuhkan oleh propolis.. berapa dosisnya.. makasih

    ReplyDelete
  23. Pak Alvin,
    ibu saya umur 45 tahun menderita diabetes sdh hampir 7 tahun, seperti nya diabetes kering (badan kurus) jika memang bisa di sembuh kan dengan propolis, brp botol yg harus di konsumsi sampai sembuh dilihat dari pengalaman anda dengan konsumen penderita diabetes yg mengkonsumsi propolis, dan untuk diabetes, bagaimana dosis pemakaian nya ?
    terima kasih

    ReplyDelete
  24. To anonymous,

    Untuk kanker otak dosis 20 tetes per jam. Jika mengalami mual, muntah, buang air besar encer, menggigil, tetap lanjutkan krn proses detoksifikasi.

    ReplyDelete
  25. To Renata,

    Ada yang botol kedua sudah terlihat perubahan, ada yang 1 paket baru terlihat, tergantung dengan kondisinya.

    Dosis awal 4 tetes sehari 6x, lalu tingkatkan menjadi 7 tetes sehari 6x.

    Tidak ada dosis baku, krn propolis adalah herbal bukan obat. sehingga dosis disesuaikan dengan daya serap tubuh dan daya serap tubuh setiap manusia berbeda-beda.

    Jika perubahan terlalu lama atau tidak, tingkatkan propolis secara bertahap.

    ReplyDelete
  26. pak alvin saya menderita penyakit vitiligo, rambut saya sebagian sudah berwarna putih. bagaimanacara penggunaan propolis dan meliana biang agar saya dapat sembuh?

    ReplyDelete
  27. To Pak Alvin. Anak saya 15 bulan diindikasikan TBC. Berapa dosis yg harus saya berikan? Dalam 2 hari ini saya sudah memberinya 3 tetes 3x sehari. Apa dosis itu berlebihan? Perlukah saya kurangi dosisnya? Trims.

    ReplyDelete
  28. To Linda,

    Rubah dosis menjadi 2 tetes sehari 5 kali, lihat reaksinya, jika sudah berkurang dapat diturunkan dosis menjadi 2 tetes 3x. Teteskan langsung kedalam mulut.

    ReplyDelete
  29. pak bopeng bkas cacar bisa ilang gak , bgimna cara pmakainanya ?
    untuk kputihan yg berlebihan bgaimna jga cra pmakainanya ?

    ReplyDelete
  30. Pa alvin, bapak saya diabetes + prostat dosisnya berapa, terimkasih

    ReplyDelete
  31. Nia said...
    Pak alvin saya di diagnosa terkena penyakit polip rahim sama, skr ini saya sudah minum propolis selama satu minggu,tapi koq darah masih keluar ya..Yang saya mau tanya kan brp lama wktu untuk minum propolis biar gak keluar lagi itu darah/haid?dan brp botol yg harus aq minum sampe aq sembuh?oy ciri - ciri org sembuh dari penyakit polip rahim itu apa?
    Mohon di beri penjelasan..makasih

    ReplyDelete
  32. Anonymous,

    Untuk bopeng bekas cacar dapat disamarkan bekasnya, caranya basuh dengan air hangat bekas cacar tersebut lalu keringkan dan olehkan dengan propolis.

    Untuk keputihan, campurkan propolis dengan sedikit air, lalu basuh daerah intim tersebut. Lakukan sesering mungkin.

    ReplyDelete
  33. To William,

    Dosis awal 5 tetes sehari 6x, jika mengalami pusing, mual, sering buang kecil, dll. Tetap lanjutkan saja, jangan khawatir, karena itu proses penyembuhan.

    Lalu tingkatkan dosis secara bertahap sampai 10 tetes sehari 6x.

    ReplyDelete
  34. To Nia,

    Biasanya itu adalah darah kotor, karena polip rahim salah satu penyebabnya adalah infeksi yang terjadi di mulut rahim karena tidak bersihnya daerah tersebut.

    Minum dengan dosis 7 tetes 6x sehari, sampai darah tersebut berhenti. Monitor setiap hari perkembangannya.

    ReplyDelete
  35. to : pak alvian,

    saya pipit saya anggota propolis juga tp saya memberikan propolis pada suami dan saya memberikan 20 tetes pada beliau sekarang suami saya badan sampai muka pada gatel tp itu bereaksi pada malam hari. menurut dokter itu over dosis tp setau saya itu hanya racun yg keluar sehingga saya jadi agak khawatir...mohon penjelasanya. terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  36. maaf pak saya mau tanya, kemaren ibu saya abis priksa kedoktor mengenai penyakit benjolan dilehernya,kata doktor ibu saya kena tumor setelah darahnya disedot dan dibawa kelaboratarium untuk memastikan tumor biasa atau tumor ganas. yg mau saya tanyakan apakah Propolis obat yg manjur untuk penyembuhan penyakitnya dan bagaimana cara pengobatannya jikalau hasil dari laboratarium memastikan ibu saya kena tumor ganas? terimakasih, jawaban dan informasi selanjutnya sangat saya harapkan

    ReplyDelete
  37. apakah sudah terbukti propolis bs menyembuhkan keputihan??kok blm ada kesaksian yg membuktikan propolis bs menyembuhkan keputihan???

    ReplyDelete
  38. To Anonymous,

    Tidak semua testimoni penyakit dimasukan, untuk keputihan, customer saya membasuh dengan propolis dilarutkan ke air dan hasilnya membaik.

    ReplyDelete
  39. To Anonymous,

    Propolis tidak ada over dosis sudah dibuktikan dengan anak saya sendiri, 3 th, minum propolis hampir 1 botol. alhamdulillah sampai sekarang dalam keadaan sehat.

    Jangan khawatir itu reaksi penyembuhan, kalau mengganggu kurangi dosis 8 tetes sehari 6x......monitor selama 3 hari....

    ReplyDelete
  40. To Rimbawan,

    Minum Propolis 6 tetes sehari 6x, lalu oleskan propolis ke daerah tumor.

    3 hari kemudian tingkatkan propolis menjadi 8 tetes sehari 6x.

    Jika mengalami mual, pusing, sering buang air kecil dll, jangan khawatir tetap lanjutkan.

    ReplyDelete
  41. Nia said...
    Pak alvin saya udah pernah ikutan curhat di blog ini.
    Saya cuma kasih tau saja,bahwasanya skr sakit yg saya derita yg terkena polip rahim alhamdulillah udah sembuh..darah yg udah hampir 3bulan keluar terus.skr udah hampir 2minggu alhamdullillah udah berhenti dengan saya obati minum proplis ampe hampir 3botol.Tapi ampe skr belum aq bw ke dokter pakah polip rahim saya udah hilang apa belum.
    Yang sya pengen tanya kan ke pak alvin..
    1. Apakah polip saya benar2 sudah sembuh dg melihat kondisi sy skr?
    2. Apakah dengan saya berhenti minum propolis bisa mengakibatkan tumbuh lagi polip rahimnya/kambuh lagi kluar darahnya?
    Mohon penjelasannya secepatnya..
    Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  42. To bu nia,

    Terima kasih atas sharingnya, karena tujuan utama dari blog ini adalah sharing khasiat propolis sehingga dapat menjadi pengobatan alternatif yang aman.

    Kondisi sembuh harus berdasarkan diagnosis dokter karena lebih terperinci.

    Polip rahim disebabkan oleh infeksi sehingga dapat terjadi kembali jika tidak diga kebersihannya. Jadi klau bu nia berhenti propolis tidak masalah, tetapai lebih baik dijaga kebersihan daerah intim sehingga tidak terjadi infeksi dan menyebabkan polip muncul kembali.

    ReplyDelete
  43. pak alvin,sy berumur 25 th ddiagnosa terdeteksi kista endometriosis dibagian kanan dan kiri ovarium krn ukurannya br 2,5 dan 3 cm mk dokter tdk memberikan sy obat hanya mengevaluasi untuk 3 bln k dpn cekup kmbli untuk doperasi atau tdknya,,krn tdk dberi obat mk sy konsumsi propolis 7 tetes 4-5 x shari,,yg sy ingin tanyakan bolehkah propolis ttp di konsumsi jk nanti sy hamil?lalu blebih tdk dosis yg sy minum saat ini jk nanti sy hamil..terimaksih

    ReplyDelete
  44. To Anonymous,

    Propolis murni aman untuk bayi dan ibu hamil dan ini sudah dibukti langsung oleh rekan-rekan saya. Propolis dapat menjaga daya tahan ibu dan menghindari cacat bawaan dari calon bayi.

    Dosisnya di kurangi saja, 5 tetes sehari 3x.

    ReplyDelete
  45. from : ari

    sy pnderita jantung bocor dan bengkak jga jantung rematik, dosis yg sy minum hrs berapa x, sy br mncoba 10 tetes 3x sehari....dan berapa lama proses penyembuhannya atau berapa botol yg hrs sy minum... terima kasih

    ReplyDelete
  46. To Ari,

    coba dosis dirubah menjadi 8 tetes sehari 5x, langsung ditetes kemulut.

    Lama proses penyembuhan tergantung kondisi dari penyakit jantung tersebut.

    Kalau setelah konsumsi propolis terdapat perubahan lebih baik, berarti ke arah kesembuhan, jadi lakukan secara rutin konsumsi propolis.

    ReplyDelete
  47. dari budi dibekasi

    sy tiap hari mengalami hidung mampet sebelah kiri dan itu sangat mengganggu sekali, apakah bisa disembuhkan? dan urat leher saya atau leher saya terasa tegang sekali.... berapa tetes yg harus saya minum..??

    ReplyDelete
  48. sy mmpunyai sdra penderita rematik athritis atau kelebihan imun ( RA ) selalu skit disetiap persndian dan susah bergerak , dari dokter dianjurkan minum obat khusus setiap hari seumur hidup... apakah bisa sembuh dgn propolis ini,dan bagaimana cara pakainya ??

    rina dipadang

    ReplyDelete
  49. saya punya benjolan di leher. pertama2 cuman 1 sekarang bertambah di dekat tenggorokan. saya sudah cek dokter dan belum diketahui apa penyakitnya. saya disarankan ke dokter bedah, karena takut saya coba konsumsi propolis. tapi saya tidak tau dosisnya bagaimana? karena saya sudah coba 5 tetes 4x blm ada reaksi.

    ReplyDelete
  50. To Linda,

    sudah dijawab di YM...

    ReplyDelete
  51. To budi,

    Dosis awal 4 tetes sehari 5x, nanti jika keluar cairan/lendir dari lubang hidung atau mulut, jangan khawatir itu reaksi dari penyembuhan. tetap lanjutkan konsumsi propolis.

    ReplyDelete
  52. To rina,

    Propolis tidak ada kontradiksi dan tidak ada efek samping. Untuk rematik sudah ada yang konsumsi propolis dan hasilnya lebih baik.

    Tidak ada salahnya bu rina konsumsi propolis untuk keluhannya.

    ReplyDelete
  53. teman saya,,suka maaf (jajan sembarang) sehingga terkena sifilis,,, apa bisa menggunakan propolis untuk penyembuhan dan bagaimana cara pemakaiannya... terima kasih

    ReplyDelete
  54. To Ruly,

    Syphillis/Sifilis disebabkan oleh bakteri.

    Propolis adalah anti virus, anti bakteri dan anti jamur.

    Sangat disarankan konsumsi propolis untuk proses menyembuhan.

    Dosis 7 tetes sehari 6x, langsung tetes ke mulut, jika mengalami demam, mual dan pusing, tetap lanjutkan konsumsi propolis karena itu proses penyembuhan.

    ReplyDelete
  55. From : Adhy
    Pak Alvin, mohon penjelasannya.

    Saya didiagnosa dokter sakit colic abdomen (muntah dan perut kejang), kemudian setelah beberapa lama saya konsumsi obat dari dokter tidak ada perubahan. Sampai akhirnya saya putuskan untuk pijat syaraf dan bekam dan obat dokter saya tinggalkan samasekali kemudian beralih ke propolis. Sudah satu minggu saya minum 7 tetes 3x sehari (saat perut kosong) belum ada perubahan. Perut masih mual, badan lemas dan tidak ada selera makan sama sekali. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  56. From : Adhy

    Tambahan.

    Dihari ke 7, malam hari perut saya terasa mules kemudian buang air cukup banyak dan terakhir yang keluar berupa kotoran bercampur lendir. Apakah ini proses tindak balas/detoksin ?? Mohon penjelasannya juga, terima kasih.

    ReplyDelete
  57. Dear Andhy,

    Rubah dosis 7 tetes sehari 6x, propolis langsung tetes ke mulut. Monitor selama 3 hari.

    Jika mengalami mual, demam, dan muntah atau buang air besar cair, jangan khawatir, itu proses detoksifikasi. tetap lanjutkan konsumsi propolis.

    Propolis murni tidak ada efek samping.

    ReplyDelete
  58. To : Pak Alvin
    From : Dino

    Dear pak Alvin,

    Anak saya sakit epilepsi sejak umur 6 tahun, 3 bulan anak saya berobat dokter kemudian saya lanjjutkan dengan terapi madu bee propolis, bee polen dan royal jelly selama 6 bulan, kemudian saya lanjutkan dengan terapi madu hijau propolis, ekstra gamat & spirulina.
    Selama 2,6 tahun kejangnya tidak kambuh dan tepatnya 2 hari yang lalu kejangnya timbul lagi, karena sebentar lagi mau masuk sekolah saya khawatir akan kejang sekolah karena pernah mengalami kejang pada waktu jam pelajaran berlangsung. Apakah Propolis bias membantu mengatasi masalah anak saya selama mengikuti pelajaran disekolah kurang lebih 6 s/d 7 jam, bantulah kami, informasi Bapak sangat berguna bagi kami.
    Apakah propolis bisa juga untuk mengobati masalah mata minus atau plus dan bagaimana cara penggunaannya, terima kasih.

    ReplyDelete
  59. to Dino,

    Banyak sekali supplement yang diminum oleh anak pak dino, dan fungsinya tumpang tindih.

    Untuk kasus epilepsi sudah ada teman kantor saya yang mencoba untuk ibunya minum propolis. Ibunya sangat tergantung dengan obat dokter tapi sekarang hanya minum propolis dan epilepsinya tidak pernah terjadi lagi.

    Saran saya, pak dino dapat mencoba propolis untuk anaknya dan jangan khawatir, propolis tdk ada efek samping dan over dosis sehingga aman dikonsumsi.

    ReplyDelete
  60. asalamualaikum..saya ari,penderita jantung bocor.. sy sudah meminum propolis dr tgl 25 mei lalu dari 3x sehari 10 tetes selama seminggu kemudian menjadi 8 tetes 5x sehari sesuai anjuran mas alvin...waktu awal sya demam dan kepala pusing sekali...setelah itu berkeringat dingn dan akhirnya biasa lagi... setelah kejadian itu sy belum mengalami perubahan yg berarti ( yg sy rasakan skrng sngat lelah, pusing,mual,jantung tidak beraturan,berkeringat dingn dan seperti mau pingsan )..apakah ada yg salah dalam cara minumnya..sy kadang minum stlah makan atau sesudah makan..? dan apa dosisnya memang sudah tepat sesuai mas alvin anjurkan waktu it..? saat ini sy sudah menghabiskan hampir 35 btol propolis...mohon sarannya dari mas alvin?? thx

    ReplyDelete
  61. To Anonymous,

    Untuk mengetahui ada perubahan harus berdasarkan diagnosa dokter tidak dapat berdasarkan fisik yang dirasakan saja.

    Propolis bukan obat sehingga tidak ada dosis baku, propolis bekerja berdasarkan daya serap tubuh, daya serap tubuh manusia berbeda beda. Propolis murni tidak ada over dosis dan efek samping sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

    Propolis bukan obat dewa yang dapat memberikan jaminan untuk sembuh...tetapi harapan sembuh ada krn sudah ada yang mencobanya.

    Anda dapat search di google testimoni propolis jantung bocor.

    Saat ini telah beredar propolis palsu, harap hati hati

    ReplyDelete
  62. From: wisa

    Dear pak alvin,
    Saya memiliki benjolan di tangan sebesar telor puyuh berwarna kebiruan dan terletak di bawah kulit, yang menurut dokter adalah tumor pembuluh darah atau hemangioma. Saya disarankan untuk operasi walaupun menurut dokter tidak terlalu berbahaya, karena kl tidak dioperasi akan semakin membesar. Tetapi saya trauma di operasi, oleh sebab itu saya mencari alternatif pengobatan lain, terutama yang herbal. Di samping benjolan tersebut, di tangan kanan dan kiri saya benjolan-benjolan kecil yang juga berada di dalam kulit kalau istilah kedokterannya lipoma (bukan limfoma).
    Bisakah benjolan tersebut sembuh/hilang dengan propolis? Dan bagaimana cara pemaikaiannya.
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  63. Dear Wisa,

    Kandungan bioflavonoids propolis setara dengan kandungan bioflavonoids dalam 500 butir jeruk. Khasiatnya mampu mengikis endapan-endapan dalam pembuluh darah kapiler, juga memperbaiki (melemaskan) sel-sel jaringan pembuluh itu.

    Teteskan langsung ke mulut 5 sd 10 tetes sehari 6x, jika mengalami pusing, mual, meriang dan sering buang kecil, jangan khawatir tetap lanjutkan krn itu proses penyembuhan.

    ReplyDelete
  64. Salam pak Alvin.
    Saya tinggal di bandung, mau curhat penyakit yang diderita ayah saya dan mau tanya bagaimana sebaiknya penggunaan propolis.
    Ayah saya (73 tahun) menderita kanker liver / sirosis hati ketahuan pada bulan april 2010, stadiumnya sudah level 4..di vonis oleh dokter tidak akan lebih dari 6 bulan lagi umurnya. Selain itu ayah saya penderita diabetes selama puluhan tahun dengan kolesterol dan lain lain.. Dibawalah ayah saya ke Jakarta untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan pengobatan (tidak melakukan kemoterapi, hanya obat2an yang diresepkan oleh dokter tersebut di jakarta).
    Lalu pada bulan oktober 2010, ayah saya kondisinya drop dan diopname di rs di bandung. Sel kankernya sudah merambat ke paru2. Dokter sudah angkat tangan, katanya dengan melebihi 6 bulan dari awal ketahuan pun ini sudah sangat bagus. Tapi syukurlah Tuhan masih memberikan penghidupan kepada ayah saya. Selang seminggu kemudian ayah saya diijinkan pulang.
    Kami sekeluarga memutuskan untuk mencari pengobatan alternatif. Dengan kondisi yang untuk berdiri pun sulit, ayah saya tidak menjalani proses pengobatan/perawatan dari sisi medis sama sekali, hanya menggunakan pengobatan herbal dari teman saya (dokter tapi seorang ahli herbal). Syukurlah, kondisinya terus membaik berkat obat2an herbal tersebut dengan berbagai macam diet pantangan makan yang dipatuhi.Beliau sudah bisa jalan2 meskipun harus dituntun dan selera makannya membaik (sebelumnya susah sekali untuk makan). Pada bulan mei kemarin, benjolan di hatinya sudah menghilang dan hasil pemeriksaan dinyatakan bahwa sel2 kankernya sudah hilang. Tinggal proses pemulihan dan disiplin soal menu makanan. Nah, mendengar hasil pemeriksaaan yang menggembirakan tersebut, ayah saya mulai sembunyi2 melanggar pantangan makanan dan obat2an herbal sudah mulai malas dimakan.

    Akibatnya saat ini perutnya pun membesar kembali dan mengeras. Bengkak2 di kaki dan tangan dan tidak bisa bergerak sama sekali. Susah menelan makanan, minum pun susah. Susah buang air kecil dan besar. BAB-nya lendir. Dan konsentrasinya semakin memburuk. Apakah dengan penggunaan propolis kondisi ayah saya dapat membaik? Beliau sudah menggunakan propolis sejak 2 bulan lalu TIDAK RUTIN dengan dosis2 x 3 tetes sehari. Obat2an herbal tidak dimakan karena sulit menelan. Seminggu ini kondisinya memburuk terus dan baru 3 hari lalu saya mewajibkan ayah saya untuk menggunakan propolis secara teratur dengan 4x3tetes perhari. kemarin saya tingkatkan menjadi 4x5tetes perhari. Tetapi belum nampak perubahan. Sebaiknya dosis yang digunakan berapa banyak?
    Mohon tanggapannya.

    Terima kasih,
    Andry

    ReplyDelete
  65. To Andry,

    Untuk kondisi ayahnya sekarang rubah dosis, dengan dosis awal 10 tetes setiap jam, monitor perkembangan selama 3 hari, jika mual, pusing dan muntah atau meriang, tetap lanjutkan dan jangan khawatir karena itu proses penyembuhan. Langsung tetes ke mulut.

    Kesembuhan tidak hanya dari obat tapi dari pribadi penderita ingin sembuh atau tidak...dan Tuhan yang berkehendak...

    ReplyDelete
  66. klo penyakit batu empedu gimana bisa pakai propolis ga?? jawab diemail aku dong

    ari@multimarilin.com

    ReplyDelete
  67. jelasin selengkap-lengkapnya dong cara pake untuk mengobati flek-flek hitam bekas jerawat dan propolis untuk mata minus ! bisa ga ?

    ReplyDelete
  68. To Anonymous,

    Untuk flek hitam dikulit bekas jerawat, bersihkan muka dengan air hangat sehingga pori pori terbuka, lalu oleskan propolis ke bekas flek hitam tersebut.

    Untuk mata minus, teteskan ke mata 1x per mata di pagi hari, lakukan secara rutin, perlu diperhatikan, mata akan terasa perih beberapa menit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya fais umur 24th,
      puya bekas benjolan ambeyen,caranya gimana biar sembuh kembali normal,alias kempes,untuk bekas cacar yang bintik2 hitam,mopeng akibat jerawt, apakah bisa normal kembali?

      Delete
  69. Dari Umar

    Pak Alvin yth :
    Anak saya ( 6thn )2 kali mengalami kejang tanpa demam. Dokter memberikan depakene 2xsehari.

    Apakah propolis bisa membantu penyembuhan nya?

    Bisa gak ya propolis di konsumsi bersamaan dengan obat dokter?

    Berapa dosis propolis yang diberikan?

    Bisa gak propolis dicampur didalam susu agar mudah di konsumsi. Trims.

    ReplyDelete
  70. Pak Alvin ysh,
    Hasil endoscopy 2 1/2 bln yg lalu saya dinyatakan gastritis erosiff dilambung dan usus 12 jari (Maag akut,kronis) dan efeknya saya sulit tidur, dan dilakukan pengobatan + obat penenang sehingga bisa tidur walau hanya max 4 jam, awalnya saya sudah diperkenalkan propolis habis 3 botol tapi TIDAK TERATUR(kadang diminum kadang tidak). Sekarang sudah hampir 3 minggu saya minum propolis secara teratur dan disarankan 20 tetes 3x sehari plus HGH pagi dan malam masing2 4 semprot (sudah habis 9 botol prpolis dan 2 btl HGH). untuk lambungnya saya sudah agak enak walau masih ada perih sedikit, tapi penyakit sulit tidurnya belum tersolusikan dan itu menyebabkan saya merasa diri sakit kalau tidak tidur.
    Bagaimana Pak apakah pemakaian propolis dilanjutkan dan bagaimana dengan dosisnya?
    NB: Sampai saat ini masih mengkonsumsi obat dokter + obat penenang

    Pak Alvin mohon saran dan solusinya Tks

    Salam
    Doni Ramdhana email: doni.ramdhana@gmail.com

    ReplyDelete
  71. Dear Bpk Alvin,

    Saya ingin menanyakan bahwa sekarang ini Bapak saya sakit di lengan sebelah kiri. Sudah rontgen dan CT Scan di info klo ada tumor, dan berdasarkan info teman, skrg mengkomsumsi Propolis. Bapak saya sekarang ini mengkomsumsi 10tetes 2xsehari, apakah itu sudah standard?? dan bila terjadi sakit pinggang apakah itu efek samping nya?? harus kah di hentikan / di teruskan?? mohon saran dan solusi nya. Thanks

    ReplyDelete
  72. Pak Alvin, kalau penyakit lipoma (tumor jinak) apa pernah ada kasus bisa sembuh dengan konsumsi propolis, dan brp dosisnya. Seblumnya Thanks.

    ReplyDelete
  73. To Anonymous,

    Untuk limpoma, dosis 10 tetes sehari 6x, langsung tetes ke mulut. jika mengalamai pusing, mual, menggigil dan sering buang kecil, jangan khawatir, tetap dilanjutkan krn proses penyembuhan. Banyak minum air putih.

    ReplyDelete
  74. To Umar,

    Propolis tidak ada kontradiksi dengan obat lain, malah sangat bagus menjaga ginjal dari zat kimia. Propolis murni tidak efek samping, jadi jangan khawatir untuk mengkonsumsinya.

    Dicampur air tidak masalah, lebih efektif langsung ditetes di mulut.

    Untuk dosis 5 tetes sehari 4x

    ReplyDelete
  75. Knp setelah mengoleskan propolis keseluruh wajah pda ke esokan harinya wajah saya merah2 bengkak dan gatel dan trasa panas, bagaimana cara untuk mengatasi hal ini, apakah kulit muka saya alergi pada propolis? terus terang saya tidak berani untuk meneruskn pemakaian propolis tsb.

    ReplyDelete
  76. setelah 1 minggu mengoleskan propolis ke wajah saya,mengapa wajah saya terasa gatal dan merah2 seperti orang kena biduran,apakah pemakaian propolis bisa di terus kan atau di hentikan,bagaimana cara menghilangkan rasa gatal dan merah di wajah saya,seandai nya pemakaian di terus kan apakah berbahaya utuk wajah saya.

    ReplyDelete
  77. To Sri,

    untuk wanita tidak disarankan untuk dioleskan langsung ke kulit wajah krn wanita sering menggunakan make up, dan make up mengandung zat kimia yg menutup lubang pori-pori kulit.

    Jangan khawatir itu proses penyembuhan, hentikan oles ke kulit wajah, minum 6 tetes sehari 4x dan banyak minum air putih. Jika mual, pusing dan berkeringat, jangan khawatir itu proses detoksifikasi, pembuangan racun dari dalam tubuh.

    ReplyDelete
  78. Pak Alvin, saya penderita penyakit ginjal kalau saya minum propolis apakah bisa sembuh dan bagaimana cara pemakaian/dosis nya selain itu jika saya minum propolis apakah obat dari dokter tidak usah saya minum lagi.

    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  79. To Anonymous,

    Testimoni yg gagal ginjal sampai cuci darah telah ada dan kondisinya sekarang durasi cuci darahnya menurun. Tapi saya ingatkan propolis bukanlah obat dewa, tugas manusia hanya berusaha dan tuhan yg menentukan.

    Untuk penyakit ginjal, dosis awal 6 tetes sehari 5x, langsung ditetes ke mulut, mintor selama 3 hari, jika tidak mengalami pusing, mual dan demam, naikan dosis menjadi 7 tetes sehari 6x.

    Kalau masih konsumsi obat dokter tetap lanjutkan saja krn tidak ada kontradiksi dengan obat dokter, malah propolis dapat menjaga daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

    ReplyDelete
  80. Nama : Andi

    Saya minum propolis untuk kesehatan saja, tapi kok efeknya malah seperti ini :
    1. Tenggorokan bagian kanan sakit diikuti telinga kanan sisi kanan juga.
    2. sering meludah.

    bagamana dengan hal tersebut, soalnya setelah meminum propolis malah menyiksa saya? apa yang mesti saya lakukan.
    terima kasih

    ReplyDelete
  81. mas alvin,, ibu saya 49 th,, sebulan yg lalu diketahui ada semacam benjolan di atas alt vital nya (bs dideteksi dari luar), sudah di usg,, sementara disebut mium.. terus kmrin akan konsultasi ke dokter spesialis kandungan,, tetapi karena masih menstruasi,, menuggu menstruasi selesai,, ibu saya merasa khawatir apabila ternyata pengobatanya harus melewatin proses operasi & bahkan dikhawatirkan sampai tindakan pengangkatan rahim... menurut pak alvin,, dari kondisi tersebut itu apa,, dan mohon info untuk mendapatkanpropolis di semarang.. trma ksh.

    ReplyDelete
  82. Apakah melia propolis bisa menyembuhkan syphilis?
    jika bisa dosisnya berapa tetes sehari??
    Thnx

    ReplyDelete
  83. To Andi,

    Propolis bekerja secara holistik/menyeluruh, artinya penyakit yg tidak anda ketahui akan disembuhkan oleh propolis.

    Sehingga propolis dapat dijadikan indikator, apakah tubuh kita sehat atau ada masalah.

    Jika anda minum propolis dan mengalami reaksi, artinya tubuh anda ada masalah. Lihat link "Reaksi Pemakaian Propolis", maka anda dapat mengetahui keluhan yg terjadi ditubuh anda sendiri.

    ReplyDelete
  84. To Anonymous,

    Untuk syphilis, dosis 7 tetes sehari 5x, jika demam, mual, pusing dan muntah, tetap lanjutkan karena itu proses detoksifikasi, jangan khawatir.

    ReplyDelete
  85. To Anonymous,

    Untuk benjolan/diperkirakan myom sudah saya jawab by phone

    ReplyDelete
  86. from wiwit
    pergelangan tangan kiri saya ada benjolan, yg kata dokternya namanya ganglion, selama 4th dioperasi 2x, dan skrg ttp ada. kl lagi kumat rasanya nyeri, untuk angkat gelas saja tdk bisa. itu berisi darah kental. berapa dosis yg hrs saya minum?

    ReplyDelete
  87. To Wiwit,

    Ganglion atau kista sendi akan mengalami rasa nyeri bagi penderitanya.

    Dosis propolis 7 tetes sehari 4x, langsung tetes kemulut dan oleskan ke daerah benjolannya sesering mungkin.

    Kalau nanti anda demam dan pusing, jangan khaatir krn proses penyembuhan.

    ReplyDelete
  88. kalau bayi lahir baru 1bln terkena batuk pilek, brp dosisnya per hari? bisa untuk mengeluarkan lendirnya jga tdk? makasih sblmnya

    ReplyDelete
  89. To Anonymous,

    Dosis 1 tetes sehari 2 kali. langsung ditetes ke mulut. Ibunya juga harus minum propolis, dosis 5 tetes sehari 3x, agar ASI nya banyak dan dapat penyembuhannya melalui ASI.

    Jika sang bayi mengalami pilek dan sering batuk, jangan khawatir krn proses penyembuhan krn lendir akan dikeluarkan melalui muntah.

    ReplyDelete
  90. saya eko

    saya mau menanyakan..?
    1. apakah propolis dapat diminum oleh bayi berusia 2-3 bulan..?
    2. apakah ada efek samping jika bayi umur 2-3 bulan tersebut minum..?
    3. untuk dosis-nya berapa..?
    4. dan jika ada efek samping, penanganannya seperti apa..?

    terima kasih infonya...atau bisa kirim ke email saya di ancca_boim@yahoo.com.

    ReplyDelete
  91. saya mau tanya apakah propolis dapat mengatasi penyakit kulit vitiligo?

    ReplyDelete
  92. To Eko,

    Propolis murni, aman untuk bayi, dan sangat membantu dalam menjaga kekebalan tubuh. Dosis 1 tetes sehari 2x. Tidak ada efek samping krn sdh dicoba oleh semua distributor MNI yg mempunyai bayi.

    ReplyDelete
  93. To yan.

    Untuk vitiligo saya belum mengetahui hasil dan rekomendasinya. Mohon maaf krn saya bukan ahli medis, hanya distributor berdasarkan pengalaman. Terima kasih.

    ReplyDelete
  94. istri saya terkenan kanker payudara stadium akhir sudah mengkonsumsi propolis selama 6 bln dengan dosis 3x 20 tetes skrg dirubah 2jam sekali 10 tetes dosis satu hari 60 tetes reaksinya sesak nafas bagaimana solusinya makasih. from: Marsi

    ReplyDelete
  95. To Marsi,

    Kalau mengalami sesak nafas jangan khawatir krn proses penyembuhan dari propolis, kemungkinan kanker sdh menyebar ke paru paru. Turunkan dosis 7 tetes setiap 2 jam, jika sesak sdh hilang, naikan dosis kembali.

    ReplyDelete
  96. assalamu'alaikum, sy linda

    sy sakit asam lambung sejak 4 bln lalu, sy sudah minum propolis 1 bln ini, tp blm ada perubahan, perut sy ttp sering berasa mual, dan sering buang air kecil, pusing...tp untuk asam lambungny blm ada perubahan, berasa smpai kdg ke jantung n paru2..sy dosis minum 7 tetes..apa perlu ditingkatkan dosisny ?..n kepala saya sering sakit n berat ..

    ReplyDelete
  97. Assalamu'alaikum, saya budi.

    sy terkena sifilis, sebaiknya cara pengobatannya di oles atau di minum? dan berapa dosisnya?

    mohon pencerahannya.
    Terima kasih,

    ReplyDelete
  98. SLAMAT SORE, SAYA FAIS,24TH


    SAYA MAU SEMBUH DARI ,

    1.AMBEYEN,TP SDH 2TH,HANYA BENJOLAN KECIL DBAGIAN DUBUR, APAKAH BISA NORMAL KEMBALI,,DOSIS ATURAN PAKAINYA BAGAIMANA DGN PROPOLIS?

    2. WAJAH SAYA BOPENG BEKAS JERAWAT, FLEK HITAM,,BAGAIMANA CARA DOSISNYA DEGAN PROPOLIS?

    3.KLU MATA MINES,MATA MERAH,?
    TRIMS.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Propolis vs Kanker Payudara

Propolis vs Kanker Darah

Gudang Propolis